10 Tips Olahraga untuk Otak

10 Tips Olahraga untuk Otak



Berolahraga otak sama utamanya dengan berolahraga badan. Dengan berolahraga otak, bakal terbentuk saraf baru yang bisa membuat perlindungan pada tanda-tanda demensia atau kepikunan. Tersebut cara-cara yang bisa dikerjakan untuk berolahraga otak :

1. Membiasakan aktif jadi kidal serta kanan

Kerjakan pekerjaan dengan tangan non-dominan, bila umumnya menguasai tangan kanan gunakanlah tangan kiri (kidal) serta demikian sebaliknya. Misalnya waktu memakai mouse computer, menyikat gigi serta mengikat sepatu dengan arah yang berlawanan. Menurut Franklin Institute, type latihan ini bisa menguatkan jalinan saraf yang ada serta bahkan juga membuat saraf baru.

2. Membaca

Membaca bisa melenturkan otot-otot otak, baik bacaan enteng (seperti komik atau majalah) ataupun bacaan untuk info. Serta menurut studi Dr. Nikolaos Scarmeas pada th. 2001, membaca bisa menolong bangun 'cadangan kognitif' untuk tunda munculnya demensia.

3. Bermain puzzle atau teka-teki silang

Teka-teki silang, puzzle, Sudoku serta type puzzle yang lain, bisa melatih otak terutama otak kiri, menurut pusat kursus kognitif Learning Rx. Imbuhkan kiat baru untuk mengefektifkan latihan otak, umpamanya memecahkan teka-teki silang dengan topik yg tidak umum.

4. Bermain permainan strategi

Permainan kiat seperti catur, monopoli atau game computer yang lain, bakal memakai otak kanan yang bisa menolong orang untuk lebih memikirkan kreatif.

5. Ganti rutinitas

Menurut Lawrence Katz, profesor Neurobiologi di Duke University Medical Center, merubah kebiasaan serta beberapa cara hidup baru bisa aktifkan koneksi otak yang pada awal mulanya tak aktif. Latihan yang dapat dikerjakan umpamanya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur lagi kantor atau meja.

6. Belajar bhs asing

Dengan belajar bhs asing bakal aktifkan sisi otak yang belum dipakai mulai sejak Anda mulai bicara. Suatu studi th. 2007 di York University di Toronto, temukan bahwa pemakaian sebagian bhs bisa tingkatkan suplai darah ke otak untuk melindungi kesehatan koneksi saraf.

7. Nikmati musik

Terkecuali dengarkan musik, belajar juga untuk memainkan instrumen musik. Beberapa pakar juga mereferensikan untuk aktifkan dua indera sekalian, seperti dengarkan musik serta mencium bunga.

8. Latihan fisik

Latihan fisik dapat juga tingkatkan kesehatan otak, lantaran bisa tingkatkan aliran darah ke otak. Menurut Stanford Center on Longevity serta The Max Planck Institute for Human Development, latihan fisik bisa tingkatkan perhatian, penalaran serta memori.

9. Hidup sosial

Otak bisa dilatih dengan melakukan kehidupan sosial Anda, umpamanya dengan berkunjung ke rekan. Suatu studi 2006 oleh Dr David Bennett dari Rush University Medical Center temukan bahwa mempunyai jaringan sosial bisa memberi perlindungan pada tanda-tanda klinis penyakit Alzheimer.

10. Mencari hoby baru

Tantang otak untuk belajar ketrampilan baru atau beberapa hal yang belum pernah Anda kerjakan pada awal mulanya. Bila Anda bukanlah seniman, coba untuk belajar melukis atau memahat. Bila Anda dapat bermain piano, belajarlah memainkan gitar. Dapatkan suatu hal yang baru serta menarik agar bisa melindungi otak terus aktif.

wdcfawqafwef