6 tips untuk olahraga mata

6 tips untuk olahraga mata



Terkecuali melatih lengan, kaki, perut, serta dada untuk kesehatan fisik, Mata juga nyatanya bisa dilatih untuk kebaikan indra pandangan. Memanglah tidak seluruhnya ahli setuju bahwa berolahraga mata (eye-robics) bisa menolong menjaga pandangan. Walau demikian, semakin banyak spesialis therapy pandangan yakin senam mata sehari-hari bisa bikin mata Anda awet muda.

Logika dibalik therapy pandangan ini yaitu apabila Anda bisa mengakibatkan kerusakan system pandangan lantaran rutinitas kerjakan suatu hal dalam jarak dekat, bermakna Anda bisa memulihkannya, kata Steven Ritter, O. D., dari State University of New York College of Optometri di New York City.

Spesialis therapy pandangan atau vision therapist bisa meresepkan hingga seputar 280 jenis latihan. Tidak satu juga bisa menangani permasalahan pandangan kebanyakan orang. Walau demikian tak ada kelirunya apabila Anda coba sebagian salah satunya.

1. Membaca koran dari jauh
Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk di depan computer sepanjang berjam-jam, coba yang di bawah ini : Tempelkan satu halaman koran pada dinding yang lebih kurang berjarak 2, 5 mtr. dari tempat Anda umum duduk. Hentikan pekerjaan Anda tiap-tiap seputar sepuluh menit untuk mengarahkan pandangan ke koran tadi. Berusahalah membaca tulisan di koran itu. Lalu saksikan lagi monitor computer Anda. Lakukan ini berkali-kali, semasing sepanjang 30 detik, seputar enam kali dalam satu jam. Latihan ini bisa menolong hindari kekaburan yang kerap dihadapi oleh beberapa operator computer di penghujung hari kerja.

2. Melempar bola ke dinding
Berdirilah pada jarak seputar satu sampai satu 1/2 mtr. dari suatu dinding yang kosong, menghadap ke arah dinding. Minta seseorang rekan berdiri di belakang Anda lalu melemparkan suatu bola tenis ke dinding. Saat bola itu memantul dari dinding, coba menangkapnya. Latihan ini bisa menolong tingkatkan koordinasi tangan/mata Anda.

3. Membaca jempol sendiri
Acungkan jempol Anda sejauh-jauhnya. Buat gerakan melingkar, huruf X serta tanpa ada +, dekat serta jauh dengan cara bertukaran. Ikuti dengan mata Anda. Disamping itu, upayakan menangkap bayangan ruang dalam medan pandangan Anda sejumlah mungkin saja. Lanjutkan latihan ini dengan mata sebelah tertutup. Lagi dengan mata sebelah yang lain. Ini bisa tingkatkan pandangan periferal Anda.

4. Ikuti sorotan lampu senter
Latihan yang mengasyikkan ini bisa tingkatkan kekuatan Anda ikuti suatu benda dengan mata. Latihan ini membutuhkan seseorang rekan serta dua buah lampu senter. Berdirilah di suatu ruang yang gelap, menghadap ke dinding. Mintalah pada rekan Anda supaya menyorotkan lampunya ke dinding serta menggerakkannya dengan gerakan menyapu membuat suatu gelombang. Dengan lampu senter yang Anda pegang, ikuti lingkaran sinar itu sembari berupaya menyeimbangkan suatu buku yang ditempatkan diatas kepala. Dengan begini Anda sangat terpaksa ikuti gerak sinar dengan mata, tanpa ada menggerakkan kepala.

5. Membaca bola
Catat beberapa huruf atau angka pada suatu bola softball atau bola dari styrofoam, gunakan suatu kaitan, lalu gantung bola itu pads langit-langit dengan seutas tali. Semakin kecil tulisan Anda, semakin susah latihan ini. Ayunkan bola itu. Coba mengatakan huruf atau angka yang Anda saksikan. Latihan ini menolong Anda terus trampil ikuti benda bergerak dengan cara konsentrasi.

6. Bikin untaian manik-manik
Latihan ini melatih ke-2 mata supaya terpusat ke suatu benda tujuan. Ini dapat melatih otak untuk memakai ke-2 mata dengan cara beruama-sama. Ambillah benang selama kurang lebih 180 cm, masukkan ke lubang tiga buah manik-manik yang memiliki warna tidak sama. Ikat salah satu ujung benang ke dinding dengan ketinggian sejajar mata, sedang ujung yang lain kelak Anda pegang di depan hidung. Geser salah satu manik-manik ke ujung dekat dinding, letakkan manik-manik ke-2 pada jarak seputar 120 cm dari hidung, sedang yang ketiga pada jarak seputar 40 cm dari hidung.

Tujukan pandangan Anda ke manik-manik yang paling jauh. Anda bakal lihat bayangan dua buah benang membuat huruf V dengan manik-manik juga sebagai pusat. Pindahkan arah pandangan Anda ke manik-manik di dalam. Cermati huruf X yang terbentuk oleh bayangan benang dengan manik-manik tengah juga sebagai pusat. Lalu pindahkan lagi pandangan Anda ke manik-manik paling dekat, serta saksikan huruf X yang sama. Pindahkan pandangan Anda dari manik-manik sate ke yang lain dengan cepat, serta janganlah lupa memerhatikan huruf V atau X yang terbentuk.

Jika ke-2 mata Anda bekerja juga sebagai suatu tim, Anda senantiasa mesti melihat dua bayangan benang sama-sama menyilang saat memusatkan perhatian Anda ke salah satu manik-manik. Bila mata Anda tak bekerja bersama, Anda bakal melihat pola-pola yang tidak sama atau cuma suatu benang.

wdcfawqafwef